IGC Golf News, Events, Instruction

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Friends of IGC Course Review Klub Golf Bogor Raya: "My Personal Hang Out Place"

Klub Golf Bogor Raya: "My Personal Hang Out Place"

Klub Golf Bogor Raya: "My Personal Hang Out Place"
by: Gian Perkasa

gianTeman2 IGC,

Menyambung amanat Chief Amrie dan Bang Rudy Manurung untuk menulis KGBR Review, berikut adalah pendapat saya mengenai lapangan ini. Mohon maaf kalau bahasanya tidak seperti bahasa Chief yang luar biasa komunikatif, karena dari kecil dulu hingga sekarang, mengarang adalah salah satu subjek yang kurang saya sukai.
Here we go:
Klub Golf Bogor Raya (KGBR) atau dikenal juga dengan julukan BR, par 71, distance dari tee box biru 5992m, course rating 72.3 slope rating 133. Mungkin bisa dibilang lapangan tersibuk di jalur tol Jagorawi, bersaing ketat dengan Riverside dan Permata Sentul.

Mulai dari lokasi, BR terletak di dalam kawasan pengembang Danau Bogor Raya. Tidak jauh dari BR, terletak Novotel Bogor yang asri cocok untuk yang mau meeting diseling acara golf atau weekend bersama keluarga. Ciri khas BR adalah bentuk bangunan clubhouse yang cukup unik. Loker I must say, the best locker room so far, luas dan nggak sumpek.

KGBR_club_house Keluar dari loker pria, belok kanan bisa singgah dulu di Sentani bar, sambil menunggu waktu tee off dan check out the nice waitresses n caddies.. yup, I said it, as CKK wanted: Caddies, salah satu daya tarik di KGBR, good looking dan lebih "well mannered" jika dibandingkan beberapa lapangan. Saya pikir manajemen di KGBR cukup memperhatikan penampilan secara keseluruhan dari caddy mereka.

Nah sekarang lapangannya:Ada beberapa rekan yang berkomentar, "Ah main di BR, gak ada tantangan, datar-datar aja lapangannnya".. Hal ini memang benar, tidak ada hole di BR yang perbedaan letak tee box dan green lebih dari 4m, rata-rata fairways juga letaknya rata atau malah sedikit lebih rendah dari teebox. Layout lapangan juga cukup bersahabat bagi beginners, karena ada fairway yang cukup lebar dan rata atau berdampingan dengan fairway hole sebelah... Lapangan yang di desain oleh Graham Marsh ini menekankan kepada keindahan, shot value, fairness dan integritas terhadap lingkungan. Saya pikir, lapangan ini cocok untuk para mid to high handicap untuk improve ball striking skills sementara untuk para low to low mid handicap akan diberi tantangan untuk bermain dari black tee. Green speed di BR rata-rata saja, mungkin sekitar 8.5 - 9.5, sehingga putting seharusnya tidak terlalu menjadi masalah.

Some signature holes (distance dari tee biru):
Hole 1, Par 5, 466m.
Par 5 yang terpendek di KGBR, sebelah kiri fairway terdapat rintangan air menyamping hingga ke green, jadi keep off the left side. Jika Anda slicer, jangan kuatir, di sebelah kanan ada fairway hole 16, jadi masih cukup aman. Approach shot ke green perlu lebih teliti karena ada dua bunker kecil di kiri dan kanan depan green.

Hole 3, Par 3, 142m.
Theoritically the easiest hole in this course. Hanya ada batas luar lapangan (OOB), jika Anda overshot the green.

Hole 5, Par 4, 379m.
Longest par 4 in the course, tantangannya adalah bunker di kanan fairway tepat di tee off landing area. 2nd shot akan terasa masih jauh, sehingga masih menggunakan long iron atau hybrid dan area yang dituju cukup sempit. Di sebelah kiri green ada bunker, jika lewat dari green OB dan sebelah kanan green ada patok-patok merah, 'so be careful with your approach'.

KGBR_holeHole 6, Par 4, 371m.
2nd longest par 4. Cukup menantang karena fairway sedikit lebih sempit dari hole 5. Di kiri hole ini rintangan air menyamping sepanjang hole (mungkin harusnya OOB kali ya) dan ada jaring di kanan untuk mencegah bola slice masuk ke fairway hole 5. Kita akan menghadapi 2nd shot yang cukup panjang 160m - 190m ke green, tidak ada bunker yang "nempel" di green jadi cukup save. Green 6, termasuk salah satu yang cukup "licin" terutama jika Anda putt dari belakang ke depan green.

Hole 9, Par 4, 342m.
Tee box agak tersembunyi di kelilingi barisan pohon di kanan kiri, arahkan pukulan ke fairway bunker yang terjauh. Di sebelah kanan hole ini terdapat rintangan air. Bagi para slicer like me, perbanyak doa sebelum memukul...:-)

Hole 10, Par 4, 327m.
Par 4 termudah di KGBR karena jarak yang tidak terlalu jauh, fairway yang cukup lebar. Bogey di hole ini sudah merupakan suatu "kecelakaan".

Hole 11, Par 3, 166m.
Par 3 yang cukup menantang karena bunker yang cukup besar dan dalam di sebelah kanan green. Jika pin terletak di depan, lebih baik kita approach dari bawah, karena downhill putt dari belakang green akan membuat jantung berdegup kencang macam naik roller coaster.

Hole 13, par 4, 362m.
Hole yang sering membuat kemacetan di KGBR, karena ada rintangan air pada jarak 80-90m dari green. Di sebelah kiri fairway, ada 2 bunker yang menunggu bola tee shot Anda. Setelah itu Anda akan dibuat berpikir pada saat 2nd shot apakah akan langsung arahkan bola ke green atau layup sebelum rintangan air.

Hole 14, Par 4, 371m.
Tee box biru berada sedikit di atas fairway. Hati-hati dengan fairway bunker di sebelah kanan kurang lebih 180m dari tee box. Sebelah kiri fairway adalah batas OoB. Kembali ada rintangan air, tapi karena jaraknya lebih jauh dari green dibandingkan hole 13, maka 2nd shot dipastikan akan diarahkan langsung ke green.Approach shot cukup menantang karena area green agak mengecil di apit oleh bunker di kiri dan kanan.

Hole 16, Par 5, 503m
Par 5 terpanjang di KGBR. Sebelah kiri hole hingga ke green adalah batas OoB jadi hindari sebelah kiri. Sebelah kanan fairway adalah hole 1, sehingga bola cukup aman parkir di fairway 1 jika Anda slice. Ada bunker di sebelah kiri fairway kurang lebih 100m sebelum green yang membuat final approach sedikit menantang.

Hole 18, Par 4, 365m.
Hole tersulit di KGBR. Tee box terletak di belakang "jurang" sehingga cukup mengganggu pikiran saat kita akan memukul. Fairway tidak terlalu lebar dan di kiri kanan fairway merupakan rintangan air menyamping. Hati-hati bagi para long hitter, karena banyak terjadi bola tee shot Anda bergulir ke arah kiri fairway namun akhirnya bergulir masuk ke rintangan air. 2nd shot akan merupakan uphill shot, jadi diperhatikan informasi jaraknya.

kedi_KGBRSetelah selesai dengan round golf Anda, bisa rehat sejenak di Tondano restaurant. Atau bisa shower dan menikmati makanan di beberapa resto yang cukup baik di sepanjang Jl. Pajajaran sebelum Anda masuk ke tol.

Mudah-mudahan informasi diatas berguna. Untuk lebih detailnya bisa di cek www.bogorlakeside.com. Disana juga ada denah hole by hole yang saya jelaskan, hanya ratio gambar bunker di denah tersebut kurang besar dibandingkan aslinya!

GP - 11/1/2010
Last Updated on Monday, 11 January 2010 15:47  

joinyahoo

facebookfollow

Partners

Important....!

Represent your country team
2
 zoomclick to enlarge
Read more...

News

  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
prev
next

World Amateur Inter-Team Golf Championship 2015 in Malaysia

News image

WAITGC2015 Untuk wilayah Asia Tenggara, belum ada negara yang bisa menyaingi Thailand sebagai tujuan utama destinasi golf. Negara-negara lainnya paling banter dapat posisi kedua. Negara mana? Indonesia, Malaysia atau Vietnam? Negara kita Indonesia mestinya bisa. Padang golf keren berkelas dunia tersebar di-seantero negeri, semua menyediakan kedi. Green fee relatif murah atau setara dengan Thailand. Masalahnya dalam skala prioritas dukungan pemerintah (dana promosi dan s...

Monday, 4 May 2015

Read more

Nike VAPOR: Makes Golf Easy

News image

Vapor Speed Seorang pegolf dipaksa kawin ortunya. Secara berturut ibunya mengatur pertemuan dengan 3 cewek pilihan: 1. Aida, dokter gigi, seksi, cantik dan baik hati; 2. Bella, arsitek, seksi, cantik dan baik hati; 3. Citra, notaris, seksi, cantik dan baik hati. Siapa yang dia pilih? Seperti yang telah kita duga, dia memutuskan untuk mempersunting cewek yang nenennya paling gede smile emoticon Sep...

Monday, 9 March 2015

Read more

TaylorMade 2015 Drivers: Made of Smiles

News image

R15 & AeroBurner Pertama kali gue kenalan dengan TaylorMade - kalo gak lupa, sekitar tahun 1996. Saat itu salah seorang mitra kasi kado driver terbaru, TaylorMade Burner dengan crown berwarna salmon orange. Bangga beda penampilan, walaupun cuma sebentar. Minggu berikutnya, hampir semua member Jagorawi menenteng driver serupa. Kayak Nokia (dulu) dalam kategori handphone, TaylorMade pantas mendapat julukan 'driver sejuta umat'. Apalagi setelah Seri ...

Wednesday, 25 February 2015

Read more

The Only Card A Golfer Ever Needs

News image

The Card "And when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it" - Paul Coelho. Siapa gerangan Paul Coelho? Pegolf angkatan Jack Nicklaus? Atau peramal masa depan seperti Jayabaya dan Nostradamus? Kok dia yakin bener tentang tabiat alam semesta? Paul Coelho hanyalah seorang pengarang novel beraliran sastra alegorik romantik. Masih terus menulis dan gak ngerti golf. Tapi kalimat-kalim...

Monday, 16 June 2014

Read more
More in: news

JoomlaWatch Stats 1.2.9 by Matej Koval